Penggunaan Tabel pada Microsoft Word

Suatu data dalam dokumen dapat dikelompokkan dan diorganisir dalam suatu tabel. Tabel diperlukan untuk memperlengkap informasi. Membuat tabel dalam Microsoft Word sangat mudah, karena Word telah menyediakan fasilitas ini melalui menu Tabel. Dari menu tabel tersebut, dapat untuk membuat tabel, menghapus tabel, mengurutkan data, menyisipkan kolom, menyisipkan baris, mengatur lebar kolom, mengatur tinggi baris, menggabungkan sel, mengubah kolom, dan perintah-perintah yang lainnya.


Membuat tabel pada Microsoft Word

1. Pilih / letakkan cursor teks pada tempat atau lokasi dimana tabel akan disisipkan dalam dokumen

2. Klik menu Insert dan pilih Table



3. Pada Table diberikan berapa jumlah baris dan kolom yang akan dibuat dan misalkan kita ingin membuat tabel dengan ukuran 6 kolom dan 5 baris,maka arahkan kursor ke kanan hingga membentuk kotak 6 x 5 ( 6 kolom, 5 baris). Lalu klik kotak yang ada di kanan bawah. Tabel akan langsung disisipkan dalam dokumen.


Mengelola Table Microsoft Word 2010

A. Mengubah ukuran kolom dan baris
Untuk mengubah ukuran kolom dan baris tabel pada MS Word 2010 sangat mudah yaitu hanya dengan meletakkan kursor pada garis pemisah antar kolom atau garis pemisah antar baris kemudian drag dan geser sesuai lebar yang dikehendaki



B. Menyisipkan baris dan kolom
Untuk menyisipkan baris dan kolom caranya cukup mudah yaitu klik  pada salah satu cells kemudian klik layout dan pada Row and Coulumns terdapat pilihan-pilihan untuk menyisipkan baris dan kolom


C. Menghapus baris dan kolom
Untuk menghapus baris dan kolom caranya cukup mudah yaitu blok pada baris atau kolom yang akan dihapus kemudian klik kanan lalu pilih delete cells


Membuat Border and Shading pada Tabel Microsoft Word

Untuk membuat border and shading pada tabel caranya adalah dengan memblok tabel kemudian klik kanan lalu pilih Border and Shading


Previous
Next Post »